Ketika membicarakan sejarah, maka banyak hal yang bisa diulik; entah itu sejarah tanah air atau sejarah dunia. Misal soal kebangkitan Nazi dan Hitler yang khas dengan bendera Swastiknya atau munculnya Arab Spring di Timur Tengah setelah Mohammed Bauozizi membakar diri di Tunisia. Nah, selain sejarah populer di atas, tentu masih banyak hal-hal lain yang menarik untuk diketahui buat kamu mahasiswa program studi sejarah atau kalian semua yang tertarik dengan kisah-kisah masa lampu yang membentuk dunia hari ini.

Berikut beberapa 5 bacaan recommended yang cocok bagi kalian yang jatuh cinta dengan literasi-literasi penting mengenai sejarah. Bacaan-bacaan tersebut antara lain:

Guns, Germs and Steel: The Fate of Human Societies

Jared Diamond dengan berpendapat bahwa faktor geografis dan lingkungan membentuk dunia modern. Masyarakat dengan awal produksi pangan maju yang melampaui tahap pemburu-pengumpul, kemudian mengembangkan agama – serta kuman dan senjata ampuh perang – kemudian bertualang di laut dan darat untuk menaklukkan dan memusnahkan budaya sebelum bahasa.

A Woman Of No Importance: The Untold Story of The American Spy Who Helped Win World War II

Pada tahun 1942, Gestapo mengirimkan transmisi darurat: “Dia adalah yang paling berbahaya dari semua mata-mata Sekutu. Kita harus menemukan dan menghancurkannya.” Berdasarkan penelitian baru dan luas, Sonia Purnell untuk pertama kalinya telah mengungkap kehidupan rahasia penuh dari Virginia Hall – sebuah kisah kepahlawanan, spycraft, perlawanan, dan kemenangan pribadi yang mengejutkan dan mencengangkan. A Woman Of No Importance adalah kisah menakjubkan tentang bagaimana kegigihan seorang wanita membantu memenangkan perang.

Frederick Douglass: Prophet of Freedom

Kisah mengenai seorang pemuda, Frederick Douglass yang melarikan diri dari perbudakan di Baltimore, Maryland. Dia beruntung diajar membaca oleh majikannya, dan pada masanya, ia pun menjadi salah satu tokoh sastra utama yang selalu dikenag. Dalam biografi ini, David Blight telah mengambil informasi baru yang disimpan dalam koleksi pribadi yang telah dikonsultasikan beberapa sejarawan lain, serta baru-baru ini menemukan masalah surat kabar Douglass. Biografi Blight menceritakan kisah menarik tentang pernikahan Douglass dan keluarga besarnya yang kompleks.

Iran: A Modern History

Sejarah Iran modern ini merupakan eksplorasi ambisius dari kisah suatu bangsa. Ini menawarkan tampilan yang mengungkap bagaimana peristiwa, orang, dan lembaga dibentuk oleh arus yang dapat ditarik korelasinya kembali ke ratusan tahun yang lalu. Buku ini membahas sejarah kompleks berbagai masyarakat dan ekonomi Iran dengan latar belakang perubahan dinasti, revolusi, perang saudara, pendudukan asing, dan kebangkitan Republik Islam.

Say Nothing: A True Story of A Murder and Memory in Nothern Ireland

Buku ciptaan Patrick Radden Keefe menggunakan kasus pembunuhan tahun 1972 sebagai titik awal untuk kisah masyarakat yang dilanda perang gerilya keras. Dari radikal teroris I.R.A. seperti Dolours Price, yang, ketika dia hampir keluar dari masa remajanya, sudah menanam bom di London dan menargetkan informan untuk dieksekusi, sampai dalang I.R.A. yang dikenal sebagai The Dark, untuk permainan mata-mata dan skema kotor Angkatan Darat Inggris – Say Nothing memunculkan dunia yang penuh gairah, pengkhianatan, pembalasan, dan kesedihan.