Scary Journals Scary Journals 6 Mitos horor dan cerita mistis di gunung, angker tapi jadi favorit pendaki

6 Mitos horor dan cerita mistis di gunung, angker tapi jadi favorit pendaki

Ilustrasi mitos horor dan cerita mistis di gunung, angker tapi jadi favorit pendaki. Foto: Instagram, Pexels

Scary Journals,

Kawasan alam di sekitar jalur pendakian gunung, ternyata tak hanya menawarkan pemandangan indah, namun ada pula mitos horor dan cerita mistis yang beredar di kalangan pegiat pendaki gunung. Uniknya, meski dikenal angker, sejumlah gunung ini jadi favorit para pendaki.

Mitos horor dan cerita mistis di gunung merupakan sebuah kisah yang biasanya dikenalkan oleh warga setempat kepada sejumlah kelomok yang ingin mendaki.

Adapula cerita mistis gunung ini berkembang di kalangan para pendaki berdasarkan pengalaman yang ia rasakan ketika beraktivitas di gunung.

Tak heran jika saat ini banyak saluran YouTube yang kerap membahas seputar mitos dan cerita mistis yang ada di gunung.

Setiap gunung di Indonesia tentunya memiliki cerita dan mitos masing-masing. Pasalnya, cerita rakyat yang belum tentu kebenarannya ini telah menjadi budaya rakyat setempat dan telah diceritakan secara turun-temurun.

Bagi yang pernah mendaki, pasti tak asing dengan mitos-mitos semacam ini, sebab ketika mendaki rasanya cerita horor dan mistis memang kerap jadi pembahasan yang menarik dikalangan pendaki.
Meski begitu, banyak pula yang menilai bahwa mitos-mitos ini sengaja dibuat oleh para leluhur agar manusia dapat menjaga kelestarian alam terutama di sekitar gunung.
Buat kamu yang penasaran dan gemar mendaki, kira-kira apa saja sih mitos-mitos yang ada di gunung?
Berikut beberapa mitos horor dan cerita mistis di gunung, walaupun angker tapi jadi favorit pendaki:

Mitos dan cerita horor Gunung Salak

Mitos cerita horor Gunung Salak. Foto: Instagram/gnsalak2211mdpl)

Gunung yang terletak di Jawa Barat ini, ternyata tidak punya hubungan dengan buah salak. Salak yang dimaksud adalah ‘Salaka’ yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Perak.

Masyarakat setempat, terutama orang sunda mempercayai Gunung Salak sebagai salah satu gunung suci. Gunung ini menjadi tempat menghilangnya pendiri Kerajaan Padjajaran, Prabu Siliwangi serta bersemayamnya para batara dari kayangan.

Beberapa kejadian menyeramkan kerap terjadi di sana, salah satunya lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet-100 yang menewaskan 45 orang pada 2012 silam.
Selain itu terdapat pula cerita tentang wanita tua penunggu tebing, jeritan minta tolong dari area jatuhnya pesawat Sukhoi hingga alunan musik tradisional di tengah hutan.

Mitos dan cerita horor Gunung Merapi

Mitos cerita horor Gunung Merapi. Foto: Instagram/btngunungmerapi)

Gunung yang dikenal sering erupsi ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain dikenal tingkat erupsinya, banyak pula beredar kisah mistis di tanah yang akrab dengan Keraton Mataram ini.

Kabarnya, sebelum mencapai puncak gunung kamu harus melewati daerah bebatuan dan berpasir yang dikenal dengan nama Pasar Bubrah. Mitos dan cerita masyarakat setempat memercayai lokasi ini sebagai tempat yang angker.

Tak sedikit pula para pendaki yang merasa diganggu roh halus di sini. Gangguannya berupa sebuah ilusi yang seakan-akan membuat korban berada di pasar sesungguhnya, padahal tidak ada kegiatan pasar di lokasi tersebut.

Terdapat juga cerita tentang Nyai Gadung Melati yang kerap menampakkan diri di salah satu gerbang utama menuju puncak Merapi. Sosok perempuan ini dikenal sebagai pemimpin pasukan gaib Keraton Merapi.

Kejadian yang sempat viral adalah ketika salah satu pendaki bernama Erri Yunanto terpeleset jatuh ke kawah Merapi. Kejadian tersebut dianggap beberapa orang hal yang tidak wajar, sebab di sana berdiri tebing keramat bernama ‘Puncak Garuda Nono4D‘.

Mitos dan cerita horor Gunung Lawu

Mitos cerita horor Gunung Lawu. Foto: Instagram/lawumountain)

Gunung tertinggi ke-76 dunia ini berada di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di kalangan para pendaki, Gunung Lawu dikenal sebagai salah satu gunung angker di Pulau Jawa.

Kehadiran pasar setan di jalur Candi Cetho, menjadi cerita yang kerap diperbincangkan warga sekitar dan para pendaki. Konon, ketika lewat lokasi ini pendaki akan diganggu oleh suara-suara keramaian seperti pasar.

Gunung ini juga merupakan lokasi Prabu Brawijaya V sebagai raja terakhir dari Kerajaan Majapahit melakukan moksa. Sang Prabu melakukan ritual tersebut setelah salah satu anaknya, Raden Fatah yang kelak mendirikan Kerajaan Demak memeluk agama Islam.

Kejadian dan cerita mistis yang sempat viral di sini adalah hilangnya seorang pendaki bernama Alvi Kurniawan yang hingga saat ini belum ditemukan.

Mitos dan cerita horor Gunung Slamet

Mitos cerita horor Gunung Slamet. Foto: Instagram/slametmountain)

Dalam masyarakat sunda gunung ini kerap disebut sebagai Gunung Agung. Namun jika menilik arti katanya, diambil dari kata Selamat. Sesuai dengan artinya, masyarakat sekitar mempercayai gunung ini mampu membawa selamat berupa keberkahan, keselamatan, dan ketenteraman. Meski begitu, dikenal juga sebagai gunung angker.

Oleh sebab itu, sebagian orang kerap ke sini untuk melakukan ritual dengan mahluk gaib alias pesugihan. Masyarakat sekitar juga memercayai ramalan Jayabaya tentang Pulau Jawa yang akan terbelah jika gunung ini meletus.

Mitos yang dipercaya di Gunung Slamet terdapat mahluk kerdil yang terdapat di jalur pendakian Guci.

Menurut cerita yang beredar, mahluk usil ini dipercaya dulunya adalah seorang pendaki yang tersesat dan mencoba bertahan hidup dengan memakan daun, hingga lama-kelamaan berubah menjadi kerdil dan kehilangan jati dirinya sebagai manusia.

Mitos dan cerita horor Gunung Rinjani

Mitos cerita horor Gunung Rinjani. Foto: Instagram/mountainrinjani

Siapa yang tak kenal keindahan Gunung Rinjani? Di kalangan pendaki, gunung ini dikenal sebagai salah satu gunung dengan pemandangan indah yang mampu memanjakan mata.Tapi siapa sangka, ternyata gunung ini memiliki beragam kisah mistis.

Kisah yang sering beredar adalah cerita tentang Dewi Anjani. Ia merupakan ratu jin penguasa Gunung Rinjani. Konon ia merupakan jin baik yang sangat dihormati, bahkan semua jin di sekitar gunung tunduk padanya.

Meskipun hanya mitos, Gunung Rinjani telah memakan puluhan korban jiwa. Beberapa di antaranya berasal dari turis asing. Penyebabnya pun beragam, mulai dari tenggelam di danau Segara Anak, hipotermia, hingga jatuh dari tebing.

Mitos dan cerita horor Gunung Arjuno

Mitos cerita horor gunung Gunung Arjuno. Foto: Instagram/arjuno.welirang

Gunung dengan ketinggian sekitar 3.339 meter di atas permukaan laut ini, berada di wilayah Kabupaten Malang dan Pasuruan. Pada masanya, Kerajaan Majapahit dan Kerjaan Singasari banyak meninggalkan peninggalannya di sini.

Terdapat beberapa petilasan disepanjang jalur pendakian. Sehingga gunung ini sangat dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Konon gunung ini dijaga oleh beberapa tokoh adat yaitu Eyang Antaboga, Eyang Abiyasa, Eyang Sekutram, Eyang Sakri, Eyang Semar, Eyang Sri Makutharama, dan beberapa tokoh lainnya.

Selain dikenal terdapat beberapa peristiwa janggal yang pada umumnya terjadi di gunung, seperti pasar setan dan suara gamelan. Gunung Arjuna juga terkenal dengan mitos yang beredar berupa jumlah pendaki tidak boleh ganjil, karena dipercaya jika pendaki berjumlah ganjil, maka akan digenapkan oleh mahluk gaib.
Nah itulah deretan mitos horor dan cerita mistis di gunung, walaupun angker tapi jadi favorit pendaki.
Mitos-mitos yang menyelimuti beberapa gunung di Indonesia sesungguhnya jadi pengingat bagi para pendaki untuk selalu berhati-hati. Sepatutnya kita menaati peraturan dan tidak melanggar larangan setiap mendaki gunung dan selalu meminta perlindungan keselamatan kepada Yang Maha Kuasa.
Sejatinya mendaki gunung tidak lebih untuk menikmati pemandangan dan mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Yuk udah siap mendaki belum nih Hopers?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

Home Global Histori 10 Maret 1948: Menlu Cekoslowakia Jan Masaryk Ditemukan Tak Bernyawa, Disebut Bunuh Diri tapi…Home Global Histori 10 Maret 1948: Menlu Cekoslowakia Jan Masaryk Ditemukan Tak Bernyawa, Disebut Bunuh Diri tapi…

Scary Journals – Jan Masaryk, Menteri Luar Negeri Cekoslowakia sekaligus putra dari Thomas Masaryk, pendiri Republik Cekoslowakia, ditemukan tewas di bawah jendela kediamannya di Praha, pada 10 Maret 1948. Peristiwa kematian